Batam

Satu tahun lalu saya berlibur kebatam, saya pergi kesana bersama teman saya . Banyak tempat wisata dibatam yang menarik. Batam merupakan salah satu kota dengan letak yang sangat strategis. Selain berada di jalur pelayaran internasional, kota ini memiliki jarak yang sangat dekat dan berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Sebagai kota terencana, Batam merupakan salah satu kota dengan pertumbuhan terpesat di Indonesia. Ketika dibangun pada tahun 1970-an oleh Otorita Batam (saat ini bernama BP Batam), kota ini hanya dihuni sekitar 6.000 penduduk dan dalam tempo 40 tahun penduduk Batam bertumbuh hingga 158 kali lipat.

Kota Batam merupakan masyarakat heterogen yang terdiri dari beragam suku dan golongan. Suku yang dominan antara lain MelayuJawaBatakMinangkabau, dan Tionghoa. Dengan berpayungkan Budaya Melayu dan menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika, Batam menjadi kondusif dalam menggerakan kegiatan ekonomi, sosial politik serta budaya dalam masyarakat. Hingga April 2012, Batam telah berpenduduk 1.153.860 jiwa dan memiliki laju pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi. Dalam kurun waktu tahun 2001 hingga April 2012 memiliki angka pertumbuhan penduduk rata-rata lebih dari 8 persen per tahun.

Beberapa tempat wisata yang ada dibatam

1.

IMG_20170626_223436Jembatan balerang  (singkatan dari BAtam, REmpang, dan gaLANG) adalah nama jembatan yang menghubungkan pulau-pulau yaitu Pulau BatamPulau TontonPulau NipahPulau RempangPulau Galangdan Pulau Galang Baru. Masyarakat setempat menyebutnya “Jembatan Barelang”, namun ada juga yang menyebutnya “Jembatan Habibie”, karena dia yang memprakarsai pembangunan jembatan itu untuk menfasilitasi ketiga pulau tersebut yang dirancang untuk dikembangkan menjadi wilayah industri di Kepulauan Riau. Ketiga pulau itu sekarang termasuk Provinsi Kepulauan Riau.

2. IMG_20170628_144611.jpg

Pantai Marina adalah salah satu resortpaling terkenal di Batam. Terletak di bagian barat Pulau Batam, pantai Marina tidak hanya mencakup kawasan wisata, tapi juga tempat untuk kapal feri berlabuh. Selain pemandangan yang indah, pantai ini juga memiliki taman hijau yang cocok untuk taman bermain anak-anak. Di lokasi ini juga ada banyak penjual makanan sehingga Anda tidak perlu membawa bekal dari rumah. Ada juga hotel dari yang murah sampai kelas atas bagi mereka yang ingin menginap. Harga tiket masuk sesuai untuk perjalanan keluarga, yaitu sekitar Rp. 6.000 untuk orang dewasa sampai Rp. 3.000 untuk anak-anak

3.Mata kucing batam

Menurut Pengelola Kawasan Wisata Mata Kucing, Netty Herawati Simbolon, dahulu Batam didominasi etnis melayu dan Tionghoa. Saat itu, masyarakat sangat menghormati alam dan isinya. Termasuk adanya harimau yang dijaga mereka. Saking banyaknya harimau di lokasi tersebut, warga kemudian memperhalus nama raja hutan menjadi kucing.
Soal lokasi Wisata Mata Kucing, ia mengatakan jika wilayah itu disulap pada tahun 1999 silam. Saat itu, hutan tersebut masih meninggalkan kesan seram dan angker.
“Dulu lokasi ini paling seram, dan paling ditakuti di Batam. Karena dahulu kala, masyarakat mau buat usaha selalu memindahkan jin dan makhluk halus ke tempat ini, hingga ratusan jin dan mahkluk halus berada di sini

Tinggalkan komentar